Kurmer Materi Kelas VIII Recount Text

Definisi Recount Text

Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya.

Ciri-Ciri Recount Text

Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali

Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my family.

Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.

Generic Structure dari Recount Text

Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :

Orientation

Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.

Events

Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan semua yang terjadi secara berurutan dari awal sampai selesai

Re-orientation

Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita.

Contoh Recount Text:


One Moment with Mr. David at Grade IX B

         One memorable day in Grade IX B, our English teacher, Mr. David, surprised us with an interactive lesson. He entered the classroom with a big smile and announced that we would be having a debate on a topic of our choice. Excitement filled the room as we quickly divided into teams and began brainstorming ideas. Mr. David encouraged us to express our opinions confidently, making the atmosphere lively and engaging.

  As the debate unfolded, I was amazed at how Mr. David facilitated the discussion. He expertly guided us, ensuring everyone had a chance to speak while teaching us the importance of respect and listening. His witty remarks and insightful questions kept us on our toes. I felt a rush of adrenaline as I presented my arguments, inspired by his enthusiasm and support. It was not just a lesson about language, but also about communication and critical thinking.

 By the end of the class, we not only learned about debate techniques but also strengthened our bonds as classmates. Mr. David concluded the lesson with a few words of encouragement, reminding us that every voice matters. That moment left a lasting impression on me, highlighting the significance of having a teacher who genuinely cares and motivates us to be our best selves. It was a day I will always remember.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas VII INTRODUCTION (Perkenalan)

Soal Present continuous tense

Materi Kelas IX HOPE and WISH (Ungkapan Harapan dan Doa)