|
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 06 BANJIT
Kelas : VII
Semester : 1(Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenis Teks : transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi)
Keterampilan : Mendengarkan (Listening)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)

Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Siswa dapat merespon ungkapan ungkapan :
1. Menyapa orang yang sudah / belum dikenal
2. MemperkenalKan diri sendiri / orang lain
3. Memerintah atau melarang
![]() |
Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa dapat:
1. Mengidentifikasi tutur sapa (greeting) dan ungkapan perkenalan (introduction expression)
2. Mengidentifikasi pelafalan kata – kata (words pronunciation)
![]() |
1. Communication Practice (page 1 until page 6)
- Script percakapan
- Buku pelajaran english in focus
2. Speech Act (page 6)

Communicative Language Teaching
Discussion
Question answer
![]() | |
![]() |
1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Checking attendance list
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas (Preparing Class condition).
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi (delivering learning purpose and material).
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1) Peserta didik bekerja sama melakukan Tanya jawab yang terkait dengan materi (Task One).
2) Peserta didik membahas kosa kata dan tata bahasa dengan sapaan, perkenalan (Task Two).
3) Peserta didik berlatih mengucapkan kata-kata tersebut dengan menirukan ucapan guru.
4) Peserta didik menirukan percakapan tentang sapaan,perkenalan, yang diucapkan oleh guru (Task Three).
5) Peserta didik percaya diri untuk mengidentifikasikan tutur sapa dan ungkapan perkenalan yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
6) Peserta didik mendengarkan dan menirukan contoh percakapan yang melibatkan tutur sapa dan perkenalan, dengan percaya diri (Task Five).
- Guided Construction
Peserta didik bekerja berpasangan untuk melakukan percakapan berdasarkan gambar dengan melibatkan tutur sapa dan perkenalan dengan percaya diri (Task Six).
- Independent Construction
1) Peserta didik secara berpasangan menyiapkan sebuah dialog yang melibatkan tutur sapa dan perkenalan (Task Seven).
2) Peserta didik secara berpasangan melakukan role-play berdasarkan dialog yang telah disusun.
3. Penutup (10 menit)
a. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
b. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan penugasan untuk menuliskan pendapatnya tentang aturan-aturan sekolah yang sering dilanggar.
e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Calling the roll.
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas.
- Elisitasi seputar kegiatan yang telah dilakukan.
- Menghubungkan materi yang akan diajarkan dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya (Activating students’ prior knowledge).
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi(delivering learning purpose and material).
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1) Peserta didik mengelompokkan kata atau ungkapan yang berkaitan dengan sapaan dan perkenalan secara berpasangan (Task One).
2) Peserta didik berlatih mengucapkan kata-kata/ungkapan tersebut dengan menirukan ucapan guru (Task Two).
3) Peserta didik menirukan percakapan tentang sapaan, perkenalan yang diucapkan oleh guru (Task Three).
4) Peserta didik percaya diri untuk mengidentifikasikan tindak tutur sapa mengucapkan sapaan, ungkapan perkenalan yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
5) Peserta didik mendengarkan dikte (dictation) percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan dan perkenalan (Task Five).
- Guided Construction
Peserta didik bekerja secara individu kemudian berpasangan untuk melakukan percakapan berdasarkan gambar yang berhubungan dengan Tanggung jawab melibatkan ucapan tutur sapa dan ungkapan perkenalan. (Task Six).
- Independent Construction
Peserta didik bekerja dalam kelompok 4 orang melakukan curah pendapat tentang mengucapkan sapaan (greetings) dan ungkapan perkenalan (introduction expression) yang berkaitan dengan kejujuran (Task Seven).
3. Penutup (10)
a. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
b. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan penugasan untuk menuliskan pendapatnya tentang ungkapan ungkapan sapaan (greetings) dan ungkapan perkenalan (introduction expression).
e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
![]() |
- Buku pelajaran : English In focus, Artono Wardiman, Masduki B. Jahur, M. Sukirman Djusma, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008
- Gambar-gambar yang relevan
- simple media
![]() |
1. Indikator Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
1.Melakukan percakapan dengan tindak tutur meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan dengan jujur, dengan santun dan merespon secara interpersonal | Unjuk kerja | Role-play | Lampiran 1 |
2.Memberikan respon lisan ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan dengan santun | Tes Lisan | Responding | Lampiran 2 |
3.Melakukan role-play berdasarkan situasi yang diberikan dengan percaya diri. | Unjuk Kerja | Role-play | Lampiran 3 |
2. Rubrik Penilaian
1. Berbicara
No | Uraian | Predikat | Skor |
1 – 3 | Lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Great | 86 – 100 |
Kurang lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Good | 71 - 85 | |
Kurang lancar, ada kesalahan tata bahasa dan kosa kata, pengucapan kurang sempurna. | Okay | 56 - 70 | |
Tidak lancar, banyak kesalahan tata bahasa dan kosa kata, banyak kesalahan pengucapan. | Poor | ≤55 |
2. Observation Checklist Karakter
No | Indikator Karakter | Nilai Kualitatif | Keterangan |
1. | Kesantunan | | |
| a. Banyak menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MK | Membudaya Konsisten |
| b. Beberapa kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MB | Mulai Berkembang |
| c. Satu dua kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MT | Mulai Terlihat |
| d. Tidak pernah menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | BT | Belum Terlihat |
2. | Percaya diri | | |
| a. Berbicara tanpa ragu-ragu, ada kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tenang dan wajar | MK | Membudaya Konsisten |
| b. Berbicara sedikit ragu-ragu, beberapa kali menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MB | Mulai Berkembang |
| c. Sering ragu-ragu, sering menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MT | Mulai Terlihat |
| d. berbicara ragu-ragu, menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tidak tenang dan tidak wajar | BT | Belum Terlihat |
INSTRUMEN PENILAIAN
LAMPIRAN 1
A. look at the pictures. Take turns to ask for introduce and give answer below.

1. They both never met before, what should they say…?
![]() |
2. would you like to repeat my word tom..?
1. Make a role-play based on the following situations.
Soal 1.
You and your friends are talking about polite request.
Soal 2.
You are talking with your friend about your school position
Soal 3.
You say apologize about your mistake what have you made
Lembar Penilaian
1) Berbicara
No | Nama | Predikat | Skor |
1 | Andre | | |
2 | Herwin | | |
3 | Angga Wiguno | | |
4 | Asep Agus Triatna | | |
2) Lembar Pengamatan Karakter
No | Nama | Karakter | Keterangan | |
Kesantunan | Percaya diri | | ||
1 | Andre | MK | MK | |
2 | Herwin | MB | MT | |
3 | .......... | | | |
LAMPIRAN 2
3) Lembar Evaluasi Diri Karakter Kejujuran
Contoh self-assessment
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
No | Statements | Always | Sometimes | Never |
I honestly: | | | | |
1 | Giving gratitude | | | |
2 | Ask and give information | | | |
3 | Polite talking | | | |
LAMPIRAN 3
4) Honesty Checklist on Responsibility
Honesty checklist On Responsibility
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
Read the statements and put a tick in the appropriate box.
No. | Statements | ![]() | ![]() | ![]() |
1. | I cheat in the test. | | | |
2. | I skip the class. | | | |
3. | I write rude words on the class walls. | | | |
Note:
![]() | |||||
![]() | ![]() | ||||
Never Often Seldom
BANJIT Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMPNEGERI 6 BANJIT Guru Mata Pelajaran
ERWANSYAH DAVID ALPREDO
NIP19690620 199203 1 010 NIP
|
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 06 BANJIT
Kelas : VII
Semester : 1(Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenis Teks : transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi)
Keterampilan : Mendengarkan (Listening)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 kali pertemuan)
![]() | |||
![]() |
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
![]() |
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan
interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan

Siswa dapat merespon ungkapan ungkapan :
1. Ungkapan terima kasih
2. permintaan maaf dan Kesantunan
3. Meminta dan memberi informasi
![]() |
Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa dapat:
1. Mengungkapkan ucapan terima kasih dengan benar(express gratitude
appropriately)
2. Mengungkapkan permintaan ma’af dengan benar (express apology appropriately)
3. Bertanya dan memberikan informasi dengan benar ( ask and give information appropriately)
![]() |
1. Buku pelajaran English in Focus
2. Practice 1 respond to the following expression (page 20 until 24)
3. Practice 2 Communication Practice (Page 21)

Communicative Language Teaching
Contextual learning
Discussion
Question answer
![]() |
1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Checking attendance list
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas (Preparing Class condition).
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi(delivering learning purpose and material).
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1) Peserta didik bekerja sama melakukan Tanya jawab yang terkait dengan materi (Task One).
2) Peserta didik membahas kosa kata dan tata bahasa dengan mengucapkan ucapan terima kasih dengan benar (Task Two).
3) Peserta didik berlatih mengucapkan kata-kata tersebut dengan menirukan ucapan guru.
4) Peserta didik menirukan percakapan tentang ucapan terima kasih dengan benar, yang diucapkan oleh guru (Task Three).
5) Peserta didik dengan tanggung jawab mengidentifikasi ungkapan terima kasih dengan benar yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
6) Peserta didik mendengarkan dan menirukan contoh percakapan yang melibatkan ucapan terima kasih, dengan tanggung jawab (Task Five).
b. Guided Construction
Peserta didik bekerja berpasangan untuk melakukan percakapan dengan melibatkan ucapan terima kasih dengan benar (Task Six).
c. Independent Construction
Peserta didik bekerja dalam kelompok 4 orang dengan menggunakan STAD (Student Team Achievement Division) untuk melakukan curah pendapat tentang mengucapkan ucapan terima kasih dengan benar yang berkaitan dengan tanggung jawab (Task Seven).
3. Penutup (10 menit)
a. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
b. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan
yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan penugasan untuk menuliskan pendapatnya tentang
aturan-aturan sekolah yang sering dilanggar.
e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
![]() |
1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Calling the roll.
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas.
- Elisitasi seputar kegiatan yang telah dilakukan.
- Menghubungkan materi yang akan diajarkan dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya (Activating students’ prior knowledge).
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1. Peserta didik mengelompokkan kata atau ungkapan yang berkaitan dengan permintaan maaf dan Kesantunan secara berpasangan (TaskOne).
2. Peserta didik berlatih mengucapkan kata-kata/ungkapan tersebut dengan menirukan ucapan guru (Task Two).
3. Peserta didik menirukan percakapan tentang permintaan maaf dan Kesantunan yang diucapkan oleh guru (Task Three).
4. Peserta didik dengan cerdas mengidentifikasi tutur sapa mengucapkan permintaan maaf dan Kesantunan yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
5. Peserta didik mendengarkan dikte (dictation) percakapan yang melibatkan permintaan maaf dan Kesantunan yang dilakukan oleh guru (Task Five).
b. Guided Construction
1. Siswa menuliskan kembali text tersebut secara berpasangan, kemudian 2
pasang siswa bergabung menjadi 1 kelompok untuk menyempurnakan
hasil text .
2. Wakil kelompok membacakan hasil tulisannya didepan kelas.
3. Siswa menarik kesimpulan (dengan kecerdasan) tentang mengucapkan
permintaan maaf dan Kesantunan (task six)
c. Independent Construction
Siswa secara individual menjawab pertanyaan berdasarkan teks permintaan
maaf dan Kesantunan yang diperdengarkan oleh guru secara tertulis (Task
Seven).
4. Penutup (10 menit)
a. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
b. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan penugasan untuk menuliskan pendapatnya tentang aturan-aturan sekolah yang sering dilanggar.
e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Calling the roll.
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas.
- Elisitasi seputar kegiatan yang telah dilakukan.
- Mereview ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari tentang ucapan selamat
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1) Peserta didik menirukan percakapan tentang meminta dan memberi informasi secara interpersonal (Task One).
2) Peserta didik dengan tanggung jawab mengidentifikasi tindak tutur yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Two).
3) Peserta didik mendengarkan dan menirukan contoh percakapan yang melibatkan tindak tutur meminta dan memberi informasi secara interpersonal (Task Three).
- Guided Construction
Peserta didik bekerja berpasangan untuk melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan dengan melibatkan tindak tutur meminta klarifikasi dan merespon secara interpersonal (Task Four).
- Independent Construction
Peserta didik melakukan role-play tentang meminta dan memberi informasi secara interpersonal secara berpasangan (Task Five).
3. Penutup (10 menit)
a. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
b. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan tes uji petik terkait ungkapan yang telah dipelajari.

1. Buku pelajaran : English In focus, Artono Wardiman, Masduki B. Jahur, M. Sukirman Djusma, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008
2. Gambar-gambar yang relevan
3. simple media
![]() |
1. Indikator Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
1.Melakukan percakapan dengan tindak tutur meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan dengan jujur, dengan santun dan merespon secara interpersonal | Unjuk kerja | Role-play | Lampiran 1 |
2.Memberikan respon lisan ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan dengan santun | Tes Lisan | Responding | Lampiran 2 |
3.Melakukan role-play berdasarkan situasi yang diberikan dengan tanggung jawab. | Unjuk Kerja | Role-play | Lampiran 3 |
2. Rubrik Penilaian
3. Berbicara
No | Uraian | Predikat | Skor |
1 – 3 | Lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Great | 86 – 100 |
Kurang lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Good | 71 - 85 | |
Kurang lancar, ada kesalahan tata bahasa dan kosa kata, pengucapan kurang sempurna. | Okay | 56 - 70 | |
Tidak lancar, banyak kesalahan tata bahasa dan kosa kata, banyak kesalahan pengucapan. | Poor | ≤55 |
4. Observation Checklist Karakter
No | Indikator Karakter | Nilai Kualitatif | Keterangan |
1. | Kesantunan | | |
| e. Banyak menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MK | Membudaya Konsisten |
| f. Beberapa kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MB | Mulai Berkembang |
| g. Satu dua kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MT | Mulai Terlihat |
| h. Tidak pernah menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | BT | Belum Terlihat |
2. | Percaya diri | | |
| e. Berbicara tanpa ragu-ragu, ada kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tenang dan wajar | MK | Membudaya Konsisten |
| f. Berbicara sedikit ragu-ragu, beberapa kali menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MB | Mulai Berkembang |
| g. Sering ragu-ragu, sering menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MT | Mulai Terlihat |
| h. berbicara ragu-ragu, menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tidak tenang dan tidak wajar | BT | Belum Terlihat |
INSTRUMEN PENILAIAN
LAMPIRAN 1
1. Take a look to the picture.The woman take telephone from her friend asks about
her new address If her address in jln. Ak gani, Bonglai village ,district of banjit,
could you give your friend address appropriately by phone
![]() | |||||
![]() | |||||
![]() | |||||


2..
4. Make a role-play based on the following situations.
You saw your friend didn’t do task from the teacher without responsible to his group.
Lembar Penilaian
5) Berbicara
No | Nama | Predikat | Skor |
1 | Andre | | |
2 | Herwin | | |
3 | Angga Wiguno | | |
4 | Asep Agus Triatna | | |
6) Lembar Pengamatan Karakter
No | Nama | Karakter | Keterangan | |
Kesantunan | Percaya diri | | ||
1 | Andre | MK | MK | |
2 | Herwin | MB | MT | |
3 | .......... | | | |
LAMPIRAN 2
7) Lembar Evaluasi Diri Karakter Kejujuran
Contoh self-assessment
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
No | Statements | Always | Sometimes | Never |
I honestly: | | | | |
1 | Giving gratitude | | | |
2 | Ask and give information | | | |
3 | Polite talking | | | |
LAMPIRAN 3
8) Honesty Checklist on Responsibility
Honesty checklist On Responsibility
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
Read the statements and put a tick in the appropriate box.
No. | Statements | ![]() | ![]() | ![]() |
1. | I cheat in the test. | | | |
2. | I skip the class. | | | |
3. | I write rude words on the class walls. | | | |
Note:
![]() | |||||
![]() | ![]() | ||||
Never Often Seldom
BANJIT Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMPNEGERI 6 BANJIT Guru Mata Pelajaran
ERWANSYAH DAVID ALPREDO
NIP19690620 199203 1 010 NIP
|
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 06 BANJIT
Kelas : VII
Semester : 1(Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenis Teks : transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi)
Keterampilan : Mendengarkan (Listening)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 kali pertemuan)


Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
![]() |
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Siswa dapat merespon ungkapan ungkapan :
1. Instruksi / command
2. Ucapan selamat
3. Pengumuman
![]() |
Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa dapat:
1. Merespon ungkapan perintah dengan benar (respond to the command
expression correctly)
2. Merespon ungkapan larangan dengan benar (respond to the prohibition
expression)
![]() |
1. Buku pelajaran English in Focus
2. Practice 1 listen and repeat (page 40)
3. Communication Practice (page 41)
4. Speech Act ( page 44)

Cooperative learning
![]() | ||
![]() |
1. Pendahuluan (10 menit)
1. Greeting.
2. Checking attendance list
3. Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas (Preparing Class condition).
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi (delivering
Learning purpose and material).
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1. Peserta didik bekerja sama melakukan Tanya jawab yang terkait dengan materi (Task One).
2. Peserta didik membahas kosa kata dan tata bahasa dengan menggunakan instruksi / perintah (Task Two).
3. Peserta didik berlatih mengucapkan kata-kata tersebut dengan menirukan ucapan guru.
4. Peserta didik menirukan percakapan tentang instruksi/perintah, yang diucapkan oleh guru (Task Three).
5. Peserta didik percaya diri untuk mengidentifikasikan instruksi/perintah yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
6. Peserta didik mendengarkan dan menirukan contoh percakapan yang melibatkan instruksi/perintah, dengan percaya diri (Task Five).
- Guided Construction
Peserta didik bekerja berpasangan dengan pola two stay two stray untuk melakukan percakapan berdasarkan gambar dengan menggunakan instruksi/perintah dengan percaya diri (Task Six).
- Independent Construction
1. Peserta didik secara berpasangan menyiapkan sebuah dialog yang melibatkan instruksi/perintah (Task Seven).
2. Peserta didik secara berpasangan melakukan role-play berdasarkan dialog yang telah disusun.
3. Penutup (10 menit)
1. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
2. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan penugasan untuk menuliskan pendapatnya tentang aturan-aturan sekolah yang sering dilanggar.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
![]() |
1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Calling the roll.
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas.
- Elisitasi seputar kegiatan yang telah dilakukan.
- Menghubungkan materi yang akan diajarkan dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya (Activating students’ prior knowledge).
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1. Peserta didik mengelompokkan kata atau ungkapan yang berkaitan dengan permintaan maaf dan Kesantunan secara berpasangan (TaskOne).
2. Peserta didik berlatih mengucapkan kata-kata/ungkapan tersebut dengan menirukan ucapan guru (Task Two).
3. Peserta didik menirukan percakapan tentang ucapan selamat yang diucapkan oleh guru (Task Three).
4. Peserta didik dengan cerdas mengidentifikasi tutur sapa mengucapkan ucapan selamat yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
5. Peserta didik mendengarkan dikte (dictation) percakapan yang melibatkan ucapan selamat yang dilakukan oleh dua orang teman siswa beserta guru (Task Five).
b. Guided Construction
1. Siswa menuliskan kembali text tersebut secara berpasangan, kemudian 2
pasang siswa bergabung menjadi 1 kelompok untuk menyempurnakan
hasil text .
2. Wakil kelompok membacakan hasil tulisannya didepan kelas.
3. Siswa menarik kesimpulan (dengan kecerdasan) tentang mengucapkan
ucapan selamat (task six)
c. Independent Construction
Siswa secara individual melakukan unjuk kerja menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat berdasarkan text ucapan selamat yang diperdengarkan oleh guru secara tertulis (task seven)
3. Penutup (10 menit)
a. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
b. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan tes uji tulis terkait ungkapan yang telah dipelajari.

1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Calling the roll.
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas.
- Elisitasi seputar kegiatan yang telah dilakukan.
- Mereview ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari tentang ucapan selamat
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1. Peserta didik bekerja sama melakukan Tanya jawab yang terkait dengan materi (Task One).
2. Peserta didik membahas jenis jenis pengumuman (Task Two).
3. Peserta didik menyebutkan bagian bagian pengumuman resmi dan tidak resmi, (Task Three).
4. Peserta didik percaya diri untuk mengidentifikasikan yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
5. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai pengumuman resmi dan tidak resmi, dengan percaya diri (Task Five).
b. Guided Construction
Siswa secara individual melakukan latihan tertulis membuat pengumuman
resmi dan tidak resmi menggunakan kata kata sendiri.
c. Independent Construction
Siswa secara individual melakukan tes tertulis membuat pengumuman
resmi dan tidak resmi menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang
tepat berdasarkan text pengumuman yang diperdengarkan oleh guru
secara tertulis (task seven)
3. Penutup (10 menit)
1. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
2. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tes uji tulis terkait ungkapan yang telah dipelajari.

1. Buku pelajaran : English In focus, Artono Wardiman, Masduki B. Jahur, M. Sukirman Djusma, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008
2. Gambar-gambar yang relevan
3. simple media

1. Indikator Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
1. Melakukan percakapan dengan tindak tutur Instruksi / command Ucapan selamat dan Pengumuman dengan jujur, untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Unjuk kerja | Role-play | Lampiran 1 |
2.Memberikan respon lisan ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan dengan santun | Tes Lisan | Responding | Lampiran 2 |
3.Melakukan role-play berdasarkan situasi yang diberikan dengan tanggung jawab. | Unjuk Kerja | Role-play | Lampiran 3 |
2. Rubrik Penilaian
a. Berbicara
No | Uraian | Predikat | Skor |
1 – 3 | Lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Great | 86 – 100 |
Kurang lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Good | 71 - 85 | |
Kurang lancar, ada kesalahan tata bahasa dan kosa kata, pengucapan kurang sempurna. | Okay | 56 - 70 | |
Tidak lancar, banyak kesalahan tata bahasa dan kosa kata, banyak kesalahan pengucapan. | Poor | ≤55 |
b. Observation Checklist Karakter
No | Indikator Karakter | Nilai Kualitatif | Keterangan |
1. | Kesantunan | | |
| a. Banyak menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MK | Membudaya Konsisten |
| b. Beberapa kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MB | Mulai Berkembang |
| c. Satu dua kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MT | Mulai Terlihat |
| d. Tidak pernah menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | BT | Belum Terlihat |
2. | Percaya diri | | |
| i. Berbicara tanpa ragu-ragu, ada kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tenang dan wajar | MK | Membudaya Konsisten |
| j. Berbicara sedikit ragu-ragu, beberapa kali menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MB | Mulai Berkembang |
| k. Sering ragu-ragu, sering menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MT | Mulai Terlihat |
| l. berbicara ragu-ragu, menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tidak tenang dan tidak wajar | BT | Belum Terlihat |
INSTRUMEN PENILAIAN
LAMPIRAN 1


Let’s read to smart..! congratulation you got bonus...
3.
![]() |
5. Lembar Penilaian
1) Berbicara
No | Nama | Predikat | Skor |
1 | Amsiah | | |
2 | Shevta | | |
3 | Iwan ramadhan | | |
4 | .... | | |
2) Lembar Pengamatan Karakter
No | Nama | Karakter | Keterangan | |
Kesantunan | Percaya diri | | ||
1 | Amsiah | MK | MK | |
2 | Shevta | MB | MT | |
3 | Iwan | MB | MB | |
4 | | | | |
LAMPIRAN 2
3) Lembar Evaluasi Diri Karakter Kejujuran
Contoh self-assessment
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
No | Statements | ![]() Always | ![]() Sometimes | ![]() Never |
I honestly: | | | | |
1 | give congratulation. | | | |
2 | Saying command | | | |
3 | Making announcement | | | |
LAMPIRAN 3
4) Honesty Checklist on obedience in social norms
Honesty checklist on obedience in social norms
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
Banjit, 11 juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMP NEGERI 06 BANJIT Guru Mata Pelajaran
ERWANSYAH DAVID ALPREDO
NIP19690620 199203 1 010 NIP.
|
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 06 BANJIT
Kelas : VII (tujuh)
Semester : 1(Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenis Teks : transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi)
Keterampilan : Mendengarkan (Listening)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 kali pertemuan)
![]() | |||
![]() |
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

2.2 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Siswa dapat mengidentifikasi makna gagasan dalam text fungsional lisan :
1. Shoping list
2. Greeting card
3. Announcement
![]() |
Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa dapat:
1. Menyebutkan daftar barang belanja sebanyak mungkin (mention as many
shopping list items)
2. Mengungkapkan makna dari kartu ucapan (get the meaning of greeting cards)
3. Melengkapi announcement yang belum lengkap dengan kata-kata yang tepat
(Fill the blank spaces in announcement)
![]() |
1. Buku pelajaran English in Focus
2. Practice 6 (page 70)
3. Greeting Cards (page 14 and 15)
4. Complete the announcement
![]() |
Communicative learning
![]() | ||
![]() |
1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Checking attendance list
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas (Preparing Class condition).
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi (delivering learning purpose and material).
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1. Peserta didik bekerja sama melakukan Tanya jawab yang terkait dengan materi (Task One).
- Peserta didik membahas kosa kata dan tata bahasa Shoping list (Task Two).
- Peserta didik berlatih mengucapkan kata-kata tersebut dengan menirukan ucapan guru.
- Peserta didik menirukan percakapan tentang Shoping list yang diucapkan oleh guru (Task Three).
- Peserta didik percaya diri untuk mengidentifikasikan Shoping listyang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
- Peserta didik mendengarkan dan menirukan contoh percakapan yang melibatkan Shoping list dengan percaya diri (Task Five).
- Guided Construction
4. Peserta didik bekerja sama untuk menjodohkan Shoping list berdasarkan gambar dengan percaya diri (Task Six).
- Independent Construction
1) Peserta didik berpasangan menyiapkan sebuah dialog yang melibatkan Shoping list (Task Seven).
2) Peserta didik secara berpasangan melakukan role-play berdasarkan dialog yang telah disusun.
3. Penutup (10 menit)
1. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
2. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan
yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Guru memberikan penugasan tentang Shoping list

1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Calling the roll.
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas.
- Elisitasi seputar kegiatan yang telah dilakukan.
- Menghubungkan materi yang akan diajarkan dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya (Activating students’ prior knowledge).
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1. Peserta didik memperhatikan kosakata dan tata bahasa yang berkaitan dengan greeting cards secara berpasangan (TaskOne).
2. Peserta didik berlatih mengungkapkan kata-kata yang terdapat didalam greeting cards dengan menirukan ucapan guru (Task Two).
3. Peserta didik menirukan percakapan tentang greeting cards yang diucapkan oleh guru (Task Three).
4. Peserta didik dengan cerdas mengidentifikasi dan mengucapkan makna didalam greeting cards yang terdapat dalam sebuah dialog dengan bantuan guru (Task Four).
b. Guided Construction
Siswa menarik kesimpulan (dengan kecerdasan) tentang membuat greeting cards (task six)
c. Independent Construction
Siswa secara individual melakukan unjuk kerja menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat berdasarkan text greeting cards yang diperdengarkan oleh guru secara tertulis (task seven)
3. Penutup (10 menit)
1. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
2. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tes uji tulis terkait ungkapan yang telah dipelajari.

1. Pendahuluan (10 menit)
- Greeting.
- Calling the roll.
- Menyiapkan kondisi peserta didik dan kelas.
- Elisitasi seputar kegiatan yang telah dilakukan.
- Mereview ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari tentang ucapan selamat
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2. Inti (60 menit)
- Teacher Directed
1. Peserta didik bekerja sama melakukan Tanya jawab yang terkait dengan materi (Task One).
2. Peserta didik mengidentifikasi grammar yang terdapat dalam pengumuman (Task Two).
3. Peserta didik berlatih menemukan tujuan komunikatif dari sebuah pengumuman (Task Three).
4. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai pengumuman resmi dan tidak resmi, dengan percaya diri (Task Four).
b. Guided Construction
Siswa secara individual menulis sebuah draft teks announcement
berdasarkan informasi yang diberikan .(Task Five)
c. Independent Construction
Siswa secara individual melakukan tes tertulis membuat pengumuman
resmi dan tidak resmi menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang
tepat berdasarkan text pengumuman yang diperdengarkan oleh guru
secara tertulis (task seven)
3. Penutup (10 menit)
1. Guru dan Peserta didik membuat simpulan pelajaran.
2. Guru dan Peserta didik melakukan refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Guru memberikan tes uji tulis terkait ungkapan yang telah dipelajari.

1. Buku pelajaran : English In focus, Artono Wardiman, Masduki B. Jahur, M. Sukirman Djusma, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008
2. Gambar-gambar yang relevan
3. simple media
![]() |
3. Indikator Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Instrumen Penilaian |
1.Melakukan percakapan dengan tindak tutur Shoping list,Greeting card, Announcement dengan jujur, untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Unjuk kerja | Role-play | Lampiran 1 |
2.Memberikan respon lisan ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan dengan santun | Tes Lisan | Responding | Lampiran 2 |
3.Melakukan role-play berdasarkan situasi yang diberikan dengan tanggung jawab. | Unjuk Kerja | Role-play | Lampiran 3 |
4. Rubrik Penilaian
c. Berbicara
No | Uraian | Predikat | Skor |
1 – 3 | Lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Great | 86 – 100 |
Kurang lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar. | Good | 71 - 85 | |
Kurang lancar, ada kesalahan tata bahasa dan kosa kata, pengucapan kurang sempurna. | Okay | 56 - 70 | |
Tidak lancar, banyak kesalahan tata bahasa dan kosa kata, banyak kesalahan pengucapan. | Poor | ≤55 |
d. Observation Checklist Karakter
No | Indikator Karakter | Nilai Kualitatif | Keterangan |
1. | Kesantunan | | |
| e. Banyak menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MK | Membudaya Konsisten |
| f. Beberapa kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MB | Mulai Berkembang |
| g. Satu dua kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | MT | Mulai Terlihat |
| h. Tidak pernah menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb) | BT | Belum Terlihat |
2. | Percaya diri | | |
| m. Berbicara tanpa ragu-ragu, ada kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tenang dan wajar | MK | Membudaya Konsisten |
| n. Berbicara sedikit ragu-ragu, beberapa kali menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MB | Mulai Berkembang |
| o. Sering ragu-ragu, sering menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar | MT | Mulai Terlihat |
| p. berbicara ragu-ragu, menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tidak tenang dan tidak wajar | BT | Belum Terlihat |
INSTRUMEN PENILAIAN
LAMPIRAN 1
1. write shoping list
![]() |


2. Greeting cards

3. make role play based on situation
a. you saw your friend making shoping list
b. you saw your friend get greeting cards
1. Lembar Penilaian
1) Berbicara
No | Nama | Predikat | Skor |
1 | Amsiah | | |
2 | Shevta | | |
3 | Iwan ramadhan | | |
4 | .... | | |
2) Lembar Pengamatan Karakter
No | Nama | Karakter | Keterangan | |
Kesantunan | Percaya diri | | ||
1 | Amsiah | MK | MK | |
2 | Shevta | MB | MT | |
3 | Iwan | MB | MB | |
4 | | | | |
LAMPIRAN 2
3) Lembar Evaluasi Diri Karakter Kejujuran
Contoh self-assessment
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
No | Statements |
Always |
Sometimes |
Never | |||||||||
I honestly: | | | | ||||||||||
1 | Mention shoping list | | | | |||||||||
2 | express the meaning og greeting cards | | | | |||||||||
3 | | | | |
LAMPIRAN 3
4) Honesty Checklist on obedience in social norms
Honesty checklist on obedience in social norms
Day/date :
Name :
Class :
Students’ No. :
Banjit, 11 juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMP NEGERI 06 BANJIT Guru Mata Pelajaran
ERWANSYAH DAVID ALPREDO
NIP19690620 199203 1 010 NIP.
Komentar
Posting Komentar